Minggu, 19 Oktober 2014

Organ dan Fungsi Kekuasaan Negara Pada Cabang Kekuasaan Legislatif Menurut Konstitusi di Indonesia

Gambar Diperoleh dari Desktop Nexus
Berdasarkan salah satu butir kesimpulan dari perkuliahan Hukum Tata Negara (selanjutnya disingkat HTN) pada minggu ketiga, disebutkan bahwa fungsi organ negara yang terbatas kepada lembaga tinggi negara terkait dengan empat fungsi. Empat fungsi tersebut adalah  legislatif, eksekutif, yudikatif, dan auditif. Berdasarkan hal tersebut maka tema perkuliahan pada minggu keempat adalah mengenai Organ dan Fungsi Kekuasaan Negara Pada Cabang Kekuasaan Legislatif Menurut Konstitusi di Indonesia.

Kesimpulan perkuliahan Hukum Tata Negara di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Persada Bunda Pekanbaru, berdasarkan materi perkuliahan minggu keempat, yaitu mengenai: Organ dan Fungsi Kekuasaan Negara Pada Cabang Kekuasaan Legislatif Menurut Konstitusi di Indonesia, adalah sebagai berikut:

1.    Kekuasaan legislatif menurut Konstitusi Indonesia adalah Lembaga Tinggi Negara yang meliputi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
2.    Fungsi parlemen atau lembaga perwakilan rakyat itu pada pokoknya ada tiga, yaitu Fungsi Pengaturan atau Legislasi, Fungsi Representasi atau Perwakilan, dan Fungsi Pengawasan atau control.
3.    Fungsi parlemen sebagai lembaga perwakilan rakyat yang paling pokok sebenarnya adalah fungsi representasi atau perwakilan itu sendiri. Lembaga perwakilan tanpa representasi tentulah tidak bermakna sama sekali.

Silahkan mengunduh atau melakukan download terhadap file bahan pembelajaran pada minggu keempat tersebut pada link ini. Atau apabila hanya ingin mendengarkan file audio dari kesimpulan tersebut di atas, silahkan mendengarkan atau mengunduh atau melakukan download terhadap file tersebut pada link ini.



Pada perkuliahan pada minggu keempat ini, termasuk di dalamnya dipresentasikan kembali mengenai pemahaman secara tepat dan cepat mengenai organ negara di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, hal tersebut dapat dilihat pada beberapa slide presentasi yang sudah dikonversi ke dalam file video di bawah ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate